MODUL 1
PENGENALAN BASIS DATA
1. Tujuan
1) Mahasiswa dapat
memahami beberapa jenis database yang banyak digunakan dalam membangun
aplikasi.
2) Mahasiswa dapat
memahami MS Access.
2. Dasar Teori
Data diperlukan dalam segala hal, baik berupa pengukuran, pencatatan,
pengumpulan informasi, maupun pengambilan keputusan semuanya memerlukan data.
Dengan kata lain data sangat dibutuhkan karena informasi yang ada akan
memberikan arti yang sangat penting baik untuk saat ini maupun untuk akan
datang. Sehingga definisi dari data adalah informasi yang mengandung
arti. Database terbentuk dari sekelompok data-data yang memiliki
jenis/sifat sama. Contohnya : data mahasiswa, data dosen, dll. Demikian juga,
kumpulan dari data-data mahasiswa, data-data dosen, data-data keuangan dan
lainnya dapat dikumpulkan lagi menjadi kelompok besar, misalkan data-data
politeknik elektronika. Bahkan dalam perkembangannya, data-data tersebut dapat
berbentuk berbagai macam data, misalkan dapat berupa program, lembaran-lembaran
untuk entry (memasukkan) data, laporan-laporan. Kesemuanya itu dapat
dikumpulkan menjadi satu yang disebut dengan database. Untuk menyimpan
informasi yang ada dalam Database diperlukan table.
3. Alat dan Bahan
1) Komputer dengan sistem
operasi windows
2) Program aplikasi
MS Office 2013
3) Modul Praktikum
Sistem Basis Data
4. Langkah kerja
1) Percobaan 1
Buatlah tabel dengan nama Mhs dan field-field baru dengan tipe data dan
ukuran seperti berikut :
NIM
: text(10)
NAMA
:
text(30)
TEMPAT_LAHIR :
text(20)
TANGGAL_LAHIR : Date/Time
ALAMAT
: text(50)
TELEPHON
: Number(Integer)
Langkah – langkanya :
1. Buka MS.Acces
2. Klik File – new – klik
Blank dekstop database – Beri nama file – create
3. Kemudian akan muncul
tampilan seperti di bawah
4. Klik kanan pada Table
1 – klik Design view
5. Beri nama – ok
6. Kemudian akan muncul
desain table – isikan Desain table seperti pada soal – ctrl s
7. Klik close table
akademik – Double klik pada table akademik – isikan data pada table akademik
yang sudah di desain tadi
8. Apabia ingin
menambahkan table, kita bisa menggunakan langkah langkah seperti berikut
1.1. Klik create – form
1.2. Klik kanan pada table akademik – save as beri nama
sama dengan nama table(Biar mudah di ingat)
1.3. Klik new – isi data – save – Refresh
pada form – Refresh pada table – data akan bertambah sesuai pa yang di isikan
dalam form
2) Percobaan 2
Buatlah tabel baru dalam database Akademik dengan nama Matkul dan
field-field sebagai berikut:
KODE
: text(10)
MATKUL
: text(40)
SKS
: Nambel(Integer)
SEMESTER
: Namber(Integer)
Langkah – langkanya :
1. Klik creat – pilih
table – muncul table baru
2. Klik kanan pada table
baru yang dibuat – design view – beri nama MATKUL
3. Isi table Matkul
dengan field-field yang ada pada soal - save
4. Close table MATKUL –
double klik pada table MATKUL – Isi Tabel yang sudah di design
5. Untuk menambah table –
klik create – form
6. Muncul form – save dan
diberi nama sesuai nama table(untuk memudahkan)
7. Klik new – isi form –
save – refress all – kembali ke table MATKUL – Refress all
Maka table akan bertambah
5. Analisa
Setelah menjalankan paraktikum dan mencoba latihan latihan yang ada di dalam
modul saya lebih mengerti tentang Ms.acces dan cara penggunaannya. Dengan
Ms.Acces kita dapat membuat suatu table yang berisi data yang ingin kita
buat,dan disana pun diberi menu menu untuk lebih memudahkan kita untuk mengedit
data.
6. Tugas
1. Jelaskan mengapa
dibutuhkan data!
Data diperlukan dalam segala hal, baik berupa pengukuran, pencatatan,
pengumpulan informasi, maupun pengambilan keputusan semuanya memerlukan
data. Dengan kata lain data sangat dibutuhkan karena informasi yang
ada akan memberikan arti yang sangat penting baik untuk saat ini maupun untuk
akan datang. Sehingga definisi dari data adalah informasi yang mengandung
arti
2. Jelaskan manfaat
database dan contohnya!
· Kecepatan dan
Kemudahan
· Pemakaian Bersama-sama
· Kontrol data terpusat
· Menghemat biaya
perangkat
· Keamanan Data
· Memudahkan dalam
pembuatan Aplikasi baru
contohnya : saja perbankan yang memiliki cabang di setiap kotanya.
Perusahaan Bank tersebut hanya memiliki satu database yang disimpan di server
pusat, sedangkan cabang-cabangnya terhubung melalui jaringan komputer untuk
mengakses database yang terletak di sever pusat tersebut.
3. Untuk menentukan jenis database yang
digunakan, apa yang menjadi acuan dalam pemilihan database tersebut?
Acuan dalam pemilihan database adalah
1. Pendeskripsian
kebutuhan informasi dan data
2. Spesifikasi data
3. Pemrosesan yang
diperlukan oleh data
4. Pertimbangan keamanan
5. Kecocokan dengan tipe
aplikasi
6. Bahasa query
7. Biaya tak langsung
terhadap pemrosesan
4. Jelaskan istilah atau terminology yang
digunakan dalam Database (database,table, field, record)
Istilah “database” berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya
semakin luas, memasukkan hal-hal yang di luar bidang elektronika, artikel
mengenai database komputer. Catatan yang mirip dengan database sebenarnya sudah
ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi danm
kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.
5. Bandingkan perbedaan pengolahan data
secara manual dengan mengunakan system database.
Sistem File Tradisional /manual
Sebelumnya, sistem yang digunakan untuk mengatasi semua permasalahan bisnis, menggunakan pengelolaan data secara tradisional dengan cara menyimpan record-record pada file-file yang terpisah yang disebut juga sistem pemrosesan file.
Sebelumnya, sistem yang digunakan untuk mengatasi semua permasalahan bisnis, menggunakan pengelolaan data secara tradisional dengan cara menyimpan record-record pada file-file yang terpisah yang disebut juga sistem pemrosesan file.
Contoh :
universitas yang mempunyai dua sistem ; yakni sistem yang memproses
data mahasiswa dan sistem yang mengelola data mata kuliah
· Digunakan untuk
menyimpan record dalam file yang terpisah
penyimpanan Tradisional
· Masing-masing file
diperuntukkan hanya untuk satu program
Aplikasi
Sistem Basis Data
Seiring dengan berjalannya waktu, sistem pemrosesan file ditinggalkan
karena masih bersifat manual yang kemudian dikembangkan sistem pemrosesan
dengan pendekatan basis data.
Contoh : Data universitas
Pada sistem ini record-record data disimpan pada satu
tempat yakni basis data dan diantara program aplikasi maupun
pemakai terdapat DBMS (Database Management System).
Perbedaan antara File Manajemen tradisional dan File Manajemen Database
File Manajemen Tradisional
:
File Manajemen Database :
1. Program
Oriented
1. Data
Oriented
2.
Kaku
2. Luwes
3. Adanya kerangkapan
data 3.
Terkontrolnya kerangkapan data
6. Mengapa dibutuhkan DBMS?
Karena Database Manajement System (DBMS) merupakan software yang digunakan
untuk membangun sebuah sistem basis data yang berbasis komputerisasi. DBMS
membantu dalam pemeliharaan dan pengolahan kumpulan data dalam jumlah besar.
Sehingga dengan menggunakan DBMS tidak menimbulkan kekacauan dan dapat
digunakan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.
7. Pada percobaan diatas ada beberapa field
yang tipe data dan ukurannya berbeda. Jelaskan!
Dalam tabel Mhs, terdapat 6 field yang 1. nim, 2. nama, 3. tempat_lahir, 4. tanggal_lahir, 5. alamat, 6. telepon. Masing-masing field diatur sesuai tipe data yang dibutuhkan, pada field NIM diatur tipe data text, berarti pada record dapat diisikan data berupa teks huruf, angka, dan simbol-simbol lain. Ukuran tipe data pada field nim diatur sepanjang 10, artinya digit maksimum yang dapat dimasukkan ke dalam record adalah 10 digit. Jika data yang dimasukkan lebih dari 10 digit, maka digit ke-11 dan berikutnya tidak akan terbaca. Untuk pengaturan maksimum defaultnya sendiri adalah sepanjang 255 digit. Kemudian pada field nama, sama-sama diatur tipe data text, namun panjang ukurannya berbeda, yaitu 30, artinya kita dapat memasukkan digit maksimum ke dalam record yaitu sepanjang 30 digit, melebihi 30 data ke-31 dan seterusnya tidak akan terbaca.



















Tidak ada komentar:
Posting Komentar